Thursday, November 5, 2015

Menghitung Nilai Resistor 4 dan 5 Gelang

Resistor
Dari pengalaman saya di tempat kerja, pada saat menilai hasil test rekrutmen kerja, membuat saya harus menulis artikel teori penghitungan resistor. Karena tenyata banyak juga para pelamar yang tidak bisa menghitung resistor dengan benar. Sebelum melangkah lebih jauh kita bahas terlebih dahulu tentang komponen pasif yang satu ini. 
Resistor ada komponen pasif yang berfungsi menghambat arus dan tegangan listrik. Resistor memiliki 2 model komponen model Axial/Radial atu SMD. Artikel kali ini saya akan memberikan teori dasar penghitungan resistor 4 gelang dan 5 gelang.

1. Resistor 4 Gelang

Resistor 4 Gelang

Sistem ini merupakan kode warna paling sering digunakan yang terdiri dari 4 pita warna yang mengelilingin badan resistor. Dua pita yang terdapat pada bagian depan merupakan informasi dua digit nilai resistansi, sedangkan pita ketiga merupakan faktor pengali (jumlah nol yang ditambahkan setelah dua digit resistansi) dan pita keempat merupakan toleransi nilai resistansi. Terkadang di dalam resistor terdapat pita kelima yang berfungsi untuk menunjukan koefisien suhu, tetapi ini juga tergantung dari sistem lima warna sejati yang menggunakan tiga digit resistansi.
Contoh :
Pita ke-1 = Hitam, Pita ke-2 = Coklat, Pita ke-3 = Merah, Pita ke-4 = Emas.
Nilainya adalah 1KΩ / 1000Ω, dengan Toleransi 5%.



Kode warna Resistor 4 Gelang

2. Resistor 5 Gelang

Resistor 5 Gelang

Sistem kode warna ini banyak digunakan pada resistor presisi. Tiga pita pertama menunjukan harga resistansi, sedangkan pita keempat adalah pengali dan pita kelima adalah toleransi. Pada resistor yang memiliki 5 kode warna dengan pita keempat yang berwarna emas atau perak kadang di abaikan, karena hanya digunakan pada resistor lawas atau penggunaan khusus. Pita keempat adalah toleransi dan yang kelima adalah koefisien.
Contoh :
Pita ke-1 = Hijau, Pita ke-2 = Hitam, Pita ke-3 = Hitam, Pita ke-4 = Perak. Pita ke-5 = Coklat.
Nilainya adalah 5 Ω, dengan Toleransi 1%. 
 
3. Resistor 6 Gelang
Resistor 6 Gelang
 Sistem kode warna satu ini terdapat 6 pita, dimana 3 pita pertama menunjukan nilai tahanan, pita keempat menunjukan perkalian desimal, pita kelima menunjukan nilai toleransi dan pita keenam menunjukan koefisien suhu.
Contoh :
Pita ke-1 = Hijau, Pita ke-2 = Biru, Pita ke-3 = Hijau, Pita ke-4 = Emas. Pita ke-5 = Coklat.
Pita ke-6 = Coklat.
Nilainya adalah 56,6 Ω, Toleransi 1%, Koefisien suhu 100 ppm / ºC

Kode warna Resistor 5 Gelang

Demikian artikel Menghitung nilai resistor, semoga bermafaat. Sedikit tambahan gambar kode warna resistor yang sering berada di pasaran.

Kode warna Resistor

No comments:
Write komentar

>>Kami sangat menerima Kritik dan Saran dari para pembaca
>>Tutorial download terdapat navbar bagian atas

Jasa Pembuatan Project Elektro