Monday, October 3, 2016

Mengenal Apa itu Arduino

Salam Solder untuk para FansElectronics, di artikel sebelumnya saya telah sedikit mengenalkan kepada anda tentang Compiler bahasa Basic atau yang lebih dikenal dengan sebutan BASCOM AVR ( Basic Compiler ). Di artikel ini saya akan mengenalkan kepada anda suatu Compiler lain dan sekaligus juga Hardware, yaitu Arduino. Bagi para penggemar Elektronika, rasanya haram kalau tidak mengenal apa itu Arduino? OK, sedikit difinisi dari saya.

Arduino adalah suatu prototipe elektronik atau saya lebih suka menyebutnya minimum system yang bersifat open-source, yang mana dirancang untuk memudahkan pengguna elektronik dalam Hardware maupun Software. Hardware arduino menggunakan keluarga mikrokontroller ATMEGA yang dirilis oleh Atmel sebagai basis. Software arduino menggunakan bahasa pemrograman C yang sedikit dimodifikasi. 

Ya itu sedikit pengenalan tentang arduino, lebih lengkapnya anda bisa langsung mengunjungi website resmi Arduino <Klik. Sekarang mungkin sedikit tau apa tentang arduino, namun bagaimana bentuk dari perangkat arduino dan software arduino.

arduino uno r3

Hardware Arduino : Arduino Uno R3

arduino ide

Software Arduino IDE

Nah foto diatas salah satu jenis dari arduino dan juga tampilan antarmuka aplikasi Arduino IDE untuk membuat program arduino. Sebelum ke macam - macam arduino, alangkah lebih baik kita ketahui kelibihan dan kekurangan dari sang Arduino.

> Kelebihan

Open Source

Hardware maupun Software Arduino bersifat Open Source, yang mana artinya kita bisa tiruan / clone tanpa harus membeli Arduino yang asli / original. Kalaupun kita membuat clone dengan desain yang sama dan menjualnya, kita tidak akan dianggap membajak, dengan catatan tidak menggunakan Trade Mark atau Merk Dagang "ARDUINO". Ada banyak merk lain yang sudah beredar dipasaran sepeti, DFDuino, Funduino, FreeDuino,dll. Kelak mungkin saya akan membuat juga dengan nama FansDuino ( Entah Kapan itu, Hehe!)

Tidak Perlu Programmer Eksternal

Pada Hardware Arduino sudah memiliki Chip programer sendiri yang biasanya menggunakan Mikrokontroller ATMEGA16u2. Komunika pemrograman Arduino dengan menggunakan komunikasi serial. Walaupun terkadang pada versi clone ATMEGA16u2 diganti dengan FTDI232, CH340g, dengan tujuan menurunkan harga produksi dan tanpa mengganggu kinerja perangkat. 

Koneksi USB

Antarmuka perangkat dengan komputer menggunakan USB yang terhubung ke Chip Programer. Tanpa harus menggunakan Serial / Parallel Port. Sehingga akan memudahkan menghubungkan perangkat Arduino dengan PC / Laptop yang tidak memiliki Serial / Parallel Port.

Fasilitas Chip yang cukup lengkap

Arduino menggunakan chip mikrokontroller Atmel AVR 8 bit yang memiliki fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari ADC ( Analog Digital Converter ), PWM ( Pulse Width Modulation ), komunikasi serial, timer, interrupt, SPI ( Serial Pheriperal Interface ), dan I2C ( Inter-Intergrated Circuit ).

Ukuran

Ukuran yang sangat kecil, juga menjadi daya tarik dari sang Arduino ini. Selain mudah untuk dibawah kemana - mana, juga lebih membantu meminimalkan ukuran suatu project.

Bahasa pemrograman

Walaupun bahasa pemrograman Arduino menggunakan bahasa permograman C, akan tetapi dengan penambahan library dan fungsi standart membuat pemrograman arduino lebih mudah dipelajari dan lebih manusiawi

Ribuan Library Open Source / FREE

Menurut saya ini daya tarik utama dari sang arduino selain bahasa pemrograman yang muda. Arduino memiliki ribuan / bahkan sudah ratusan riibu yang sudah tersebar secara gratis di seluru samudra internet. Sehingga akan mumudahkan kita untuk memprogram suatu perintah yang sebenarnya membutuhkan penulisan yang sangat panjang, menjadi lebih pendek dengan adanya sang library.

Komunitas Open Source yang saling mendukung

Seperti hal-nya Linux, Wordpress, Android, dan platform Open-Source lainnya, perkembanganya begitu pesat dikarenakan mereka adalah platform Open-Source dimana ada komunitas yang salaing mendukung pengembang proyek. Demikian juga dengan Arduino, pengembang hardware dan software Arduino didukung oleh para FansElectronics diseluru belahan dunia.

> Kekurangan

Arduino bisa dibilang hampir tidak memilik kekurangan karena sifatnya yang Open-Source, para pengguna bebas melakukan perubahan pada Hardware atau pun Software, sesuai kebutuhan mereka. Walaupun ada yang mengatakan Bootloader pada arduino banyak menghabisakan memory. Tetap saja dengan macam jenis Arduino yang cukup banyak dan dengan speksifikasi masing - masing, kekurangan itu dapat diminimalisir dengan menggunakan perangkat Arduino dengan jenis sesuai yang kita butuhkan. Dengan kata lain kekurangan suatu alat semua tergantung dari kebutuhan si pengguna.


Nah, sekarang sudah taukan apa itu arduino. Dengan kelebihan sebanyak itu, bukan tidak mungkin arduino sangat berkembangan dengan pesat. Dengan Visi yang sangat mulia dari para penciptanya, yaitu menciptakan sebuah platform elektronik yang dapat digunakan bukan hanya orang teknik saja, namun juga non teknik. 
Ok, sekian dulu artikel kali ini, karena terlalu panjang artikel ini akan membuat bosan yang membacanya, maka untuk macam - macam perangkat arduino akan saya tulis di artikel lain. Semoga bermanfaat, terus belajar. Salam FansElectronics. 



No comments:
Write komentar

>>Kami sangat menerima Kritik dan Saran dari para pembaca
>>Tutorial download terdapat navbar bagian atas

Jasa Pembuatan Project Elektro