Sunday, October 2, 2016

Bahasa Pemrograman Bascom AVR ( Basic Compiler )

bascom avr
Sudah lama sekali saya sudah tidak update artikel di blog ini, karena kesibukan yang tak ada akhir. Sebelumnya saya selaku admin meminta maaf karena domain FansElectronics saya ganti, karena cuma ingin menghapus tanda minus (-), yang awalanya Fans-Electronics.com sekarang menjadi FansElectronics.com. Nah kembali lagi ke topik artikel kali ini. Saya sengaja memberikan judul diatas sebagai pengenalan pemrogramana Bahasa Basic, karena saya kedepannya lebih sering menulis artikel pemrograman menggunakan bahasa Basic. 

"Mengapa tidak bahasa C, arduino, dsb?". 

Saya tetap akan menulis artikel tentang bahasa pemrograman lain, namun mungkin tidak sesering bahasa Basic & Arduino. Karena saya lebih sering mengarah ke bahasa tsb. Ya walaupun mungkin kedepan saya juga harus mempelajarinya, Hehehe :D. 

OK, itu sedikit basa-basinya! Kembali ke Bahasa Basic. Bahasa ini terkenal dengan bahasa yang handan, cepat, dan mudah dan tergolong dengan bahasa pemrograman tingkat tinggi. Bahasa Basic sering digunakan untuk pemrograman mikrokontroller AVR / MCS, yang didukung dengan Compiler BASCOM AVR & BASCOM 8051 ( Basic Compiler ). Disini saya akan lebih fokus membahas tentang BASCOM AVR, karena BASCOM 8051 tidak berbeda jauh dari AVR. Kenapa saya lebih suka AVR, karena selain bahasa pemrogramanya yang digunakan lebih mudah, kebanyakan syntax sama dengan Visual Basic , juga fitur-fitur dari Mikrokontroller AVR lebih lengkap ketimbang MCS. Mungkin perbedaan AVR dan MCS akan saya bahas di artikel lain. Sebelum melangkah ke pemrogramanya, akan lebih baik mempelajari tampilan dari BASCOM AVR.

bascom avr

Nah diatas adalah tampilan muka dari BASCOM AVR, fungsi-fungsi pada bagian yang saya tandai akan saya jelaskan dibawah ini:

  1. Menu Bar : Terdiri dari File, Edit, View, Program,dsb. Didalamnya terdapat menu-menu / tool dari BASCOM AVR.
  2. Tool Bar : Terdiri dari shortcut tool yang berada dari menu bar.
  3. Project Bar : Menampilkan lebih dari beberapa project program
  4. Papan Project : Tempat menulis listing program.
  5. Sidebar : Terdiri dari Chip Pinout, Project, PDF Viewer.
  6. Fotter : Terdiri dari Error Panel, dan Search Result.
Ya itu seditkit penjelasan dari tampilan muka BACOM AVR.Untuk lebih lengkapnya anda bisa membuka-buka sendiri. Sekarang saya akan menjelaskan sedikit tentang pemrograman bahasa basic di BASCOM AVR.

STRUKTUR PENULISAN BASCOM AVR

Setiap bahasa pemrograman memiliki standar penulisan masing-masing. Berikut aturan dari penulisan BASCOM AVR.

$regfile = "Header"
'inisialisasi 'deklarasi variabel
'deklarasi konstanta
Do
'pernyataan-pernyataan
Loop
End

PENGARAHAN PREPROSESOR

Dalam bahasa basic $Regfile = "m32def.dat" adalah pengarahan preprosesor untuk menyisipkan file lain yakni m32def.dat, yang didalamnya berisi deklarasi register dari mikrokontroler Atmega32. Untuk mengetauhi file deklarasi lainya, dapat dilihat melalui menu Option - Compeler - Chip. berikut pengarahan prosessor lain yang sering digunakan.

$regfile = "m8535.dat"                                         ' Register ATMEGA8535 
$Crystal = 16000000                                          '  Menggunakan XTAL 16 MHz
$Baud = 9600                                                     '  Baud Rate Komunikasi Serial 9600

Nah sedikit dulu untuk pengenalan Basic Compiler, untuk lainnya akan saya bagikan diartikel selanjutnya. Sedikit tambahan anda dapat mempelajari Syntax - syntax dari Bascom AVR dengan menggunakan fitur Help - Index. Nah sekian dulu di artikel ini, semoga bermanfaat. 

No comments:
Write komentar

>>Kami sangat menerima Kritik dan Saran dari para pembaca
>>Tutorial download terdapat navbar bagian atas

Jasa Pembuatan Project Elektro