Sunday, February 12, 2017

Tutorial Menambahkan/Instalasi Library Arduino

Sedikit Pengenalan

Selain bahasa pemrograman yang mudah dipahami, salah satu kelebihan dari arduino adalah banyaknya Library gratis yang tersebar di internet. Bagi anda yang belum mengenal apa itu library arduino
Library merupakan sekumpulan subrutin yang memudahkan seorang programmer, dalam menulis sebuah program tanpa harus selalu menuliskan baris-baris program tertentu berulangkali. 
Hal inilah yang membuat arduino sangat berkembang pesat, karena bukan hanya seseorang dalam bidang elektronika yang dapat menggunakannya, bahkan seseorang diluar bidang tersebut diharapkan dapat juga menggunakanya. Pada artikel ini saya akan membagikan sebuah tutorial bagaimana cara menambahkan atau memasang file library pada aplikasi Arduino IDE.

Artikel Pendukung

Proses Pengerjaan

Dalam proses menambahkan library arduino ada beberapa cara, anda dapat menggunakan salah satu cara yang akan saya berikan, sesuai dengan keinginan anda man yang paling mudah. Pertama anda membutuhkan sebuah file library yang dapat anda download diinternet atau pada link dokumen dibawah. kemudian buka aplikasi Arduino IDE. Pada menu bar Sketch Pilih Include Library - Add .ZIP Libary. Lihat pada gambar dibawah.


Install Library Arduino


Kemudian pilih file library yang akan anda tambahkan, disini saya akan menggunakan file LiquidCrystal.zip (LCD library). Sekarang file library sudah bisa digunakan. Namun karena cara ini saya kira tidak praktis dan tidak flexible karena file library akan masung pda direktro Document-Arduino-Libary. Sehingga jika anda menggunakan arduino yang portable file library akan hilang pada saat komputer diinstall ulang. Berikut cara yang sederhana dan praktis untuk menginstall /menambhakan libaray arduino. 
  1. Pertama pastikan anda menutup aplikasi Arduino IDE. 
  2. Kemudian Ekstrak file ZIp libary
  3. Copy folder file libary pada direktroi instalan aplikasi Arduino IDE
  4. Paste didalam folder libraries
  5. Buka Arduino IDE dan file libarry sudah terinstal.
Lokasi File Library Arduino

Sekian dulu artikel kali ini. Anda dapat melihat video dibawah untuk tutorial lebih lengkapnya terkait tutorial berikut. Jika masih bingung, anda dapat meninggalkan pertanyaan pada kotak komentar dibawah. Semoga bermanfaat dan salam Fans Electronics.

Video Tutorial

Video Tutorial Belum tersedia

Dokumen

No comments:
Write komentar

>>Kami sangat menerima Kritik dan Saran dari para pembaca
>>Tutorial download terdapat navbar bagian atas

Jasa Pembuatan Project Elektro