Monday, June 5, 2017

Pemrograman Sensor Ultrasonic Menggunakan Arduino

Sedikit Pengenalan

Beberapa waktu lalu saya sempat mengerjakan project sederhana, dari seorang client. untuk membuatkan sebuah alat pengukur jarang menggunakan sensor ultrasonic dan jarak hasil pengukuran akan ditampilkan pada LCD Karakter 16x2 dan dikirim ke server web base. Sekarang saya kan membagikanya kepada pembaca tutorial pemrograman sensor ultrasonic dengan menggunakan bahasa pemerograman arduino.

Sensor ultrasonic adalah sebuah sensor yang memanfaatkan pancaran gelombang ultrasonic. Sensor ultrasonic ini terdiri dari rangkaian pemancar ultrasonic yang disebut transmitter dan rangkaian penerima ultrasonic disebur receiver. Gelombang ultrasonik merupakan gelombang akustik yang memiliki frekuensi mulai 20 kHz hingga sekitar 20 MHz. Frekuensi kerja yang digunakan dalam gelombang ultrasonik bervariasi tergantung pada medium yang dilalui, mulai dari kerapatan rendah pada fasa gas, cair hingga padat. Sumber

Seperti pada pengertian diatas sensor ultra sonic ini sedikit meniru kemampuan kelelawar dalam melihat bergererak dalam ruangan gelap (ekolokasi).

cara kerja sensor ultrasonic

Cara kerja sensor ultrasonic dengan cara mengirim gelombang yang akan memantul pada benda tertentu sehingga dapat diterima kembali oleh penerimanya. Dari kecepatan gelombang yang memantul tersebut. Mulai dari dikirim sampai diterima, maka akan didapatkan data yang akan diterjemahkan oleh mikrokontroler menjadi sebuah data jarak yang dapat ditampilkan pada LCD display. Pengaplikasi sensor ultrasonic ini sangatlah banyak, mulai dari mengukur jarak sebuah benda, sebagai sensor ketinggian air, sensor counter/penghitung benda, robot wall follower, dan masih banyak lagi pengaplikasianya.

Artikel Pendukung

Sensor Ultrasonic
Add caption


Sensor Ultra Sonic HR04 /HC-SR05
arduino uno r3
Arduino Uno R3

Dokumen


Proses Pengerjaan

Skema Sensor Ultrasonic

Hubungkan sensor dan arduino sesuai dengan skematik diatas dan pastikan tidak terdapat kesalahan penghubungan pada pin supply. Selanjutnya upload berikut ini, jika gagal download file library pada link dokumen diatas.

Setelah proses download program selesai silakan, buka aplikasi software serial monitoring pada Arduino IDE anda. Berikut ini hasil dari pengkuran data sensor ultrasonic.
Serial data Sensor ultrasonic

Sekian dulu tutorial module kali ini, tutorial dan project electronics lainya. Ikuti kami dijejaring sosial facebook, Instagram dan lainya klik icon social media pada pojok kanan atas. Semoga bermafaat.

No comments:
Write komentar

>>Kami sangat menerima Kritik dan Saran dari para pembaca
>>Tutorial download terdapat navbar bagian atas

Jasa Pembuatan Project Elektro